Rabu, 25 Juni 2014

#EduGreen Anindhita Indira - The Best Eco Presenter HiLo Green Ambassador 2011


Indhi dalam 4 kata...
Calm, enthusiast, adventurous, unpredictable!

Pemilik nama lengkap Anindhita Indira yang akrab disapa Indi ini merupakan Grand Finalist HiLo Green Ambassador angkatan pertama (2011) mewakili Maluku. Berkat memenangkan kategori "The Best Eco Presenter", Indi menjadi bintang iklan HiLo (versi Panen Alga Merah) bersama winner HGA 2011 yaitu Angga dan Winda yang proses syutingnya dilakukan langsung di Islandia. Hingga saat ini cewek manis kelahiran Jakarta, 15 Oktober 1990 ini juga terus konsisten terlibat dalam berbagai kegiatan lingkungan dan aktif dalam kepengurusan HiLo Green Community Jakarta. Yuk kita simak EduGreen interview saya dengan jebolan FISIP Universitas Indonesia, Jurusan Ilmu Komunikasi berikut ini :



Aktivitas saat ini...
Sudah setahun lebih saya bekerja sebagai staf Public Relations di hotel The Dharmawangsa Jakarta, pekerjaan saya meliputi bidang marketing communication, yakni menyusun strategi komunikasi untuk men-support sales dan marketing perusahaan, copywriting, termasuk di dalamnya PR, khususnya media relations.

Green Act...
Saya pernah bergabung dalam WWF menjadi conservationist dan melakukan kegiatan lingkungan bersama teman-teman HGA. Saya juga sering mengisi berbagai acara bertema lingkungan, menjadi MC atau moderator seminar dan talkshow mengenai isu lingkungan. Dan saat ini, menjalankan program bersama HiLo Green Community Jakarta.

Hal yang paling menarik pada saat karantina HiLo Green Ambassador 2011... 
Bermalam di eco-island Pulau Macan di Kepulauan Seribu membuat saya merasa surprised karena dengan jarak yang tidak jauh dari kota Jakarta, kita masih bisa menikmati keindahan pulau dengan resort yang ramah lingkungan. Pulau Macan sangat konsisten menerapkan prinsip sustainability, mulai dari listrik yang dimatikan saat siang hari, makanan organik dari kebun organik milik sendiri, hingga greywater system dan solar cell system. 
Di samping itu, photo shoot dengan traditional costume sangat berkesan bagi saya, karena saat itu pertama kalinya saya mengenakan pakaian adat daerah asal Maluku.

Permasalahan lingkungan yang paling perlu menjadi fokus perhatian kita saat ini... 
Sampah, gaya hidup masyarakat saat ini yang instan dan serba praktis tanpa disadari semakin banyak menghasilkan sampah, khususnya sampah yang sulit terurai. Menanggulangi masalah sampah memang tidak dapat dilakukan dalam waktu singkat, namun harus dilakukan dari hal yang sangat mendasar, yakni mengubah pola pikir masyarakat, yang nantinya akan dapat mengubah kebiasaan dan pola hidup kita.

Green Statement ... 
Pemisahan sampah kertas, kaleng, dan botol. Ketiganya sampah anorganik namun ketiganya dapat di daur ulang. Semakin awal kita memilah dan memisahkannya, semakin cepat proses daur ulangnya. Semakin banyak sampah yang di daur ulang, semakin sedikit sampah yang sampai ke tempat pembuangan akhir. Semakin sedikit sampah yang sampai ke tempat pembuangan akhir, semakin kecil emisi karbon yang dihasilkan. 


Harapan kedepannya terhadap lingkungan...
Kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan semakin meningkat, karena bagi saya, being ‘green’ is a state of mind. Tujuan utamanya kan membuat lingkungan menjadi nyaman untuk kita huni, jadi kita memulainya dari “think green” dengan mengingat dampaknya bagi lingkungan sebelum melakukan sesuatu, kemudian “live green”. Selain itu, masyarakat khususnya kaum muda semakin aware bahwa menjaga lingkungan tidak harus selalu dengan aksi-aksi yang besar, tetapi dari hal-hal kecil, lingkungan yang kecil (seperti keluarga/rumah) yang dilakukan secara konsisten dan berkelanjutan.


Nah kalau ini adalah pertanyaan random aja sih, yang warna merah adalah jawabannya dia. Mari kita lihat hasilnya hahahaaa....
A. Lagu You - Basil Valdez adalah lagu yang paling gue suka.
B. Karet Jepang adalah mainan andalan gue jaman SD
C. Paling gak suka kalau ada yang mengeluh  di jejaring sosial.
D. Gue agak sedikit parno dengan batu karena pernah kena lemparan batu di kepala.
E. Agak ilfill kalau lihat cowok yang terlalu jaim dan nggak jadi dirinya sendiri.
F. Tahun 90'an dulu gue bareng keluarga sering kumpul depan TV Si Doel Anak Sekolahan.
G. Cuek adalah sifat buruk gue yang pengen gue ubah.
H. Gue merasa cantik kalau lagi olahraga di gym dan berharap dijalan nanti ketemu jodoh ;).
I. Gak banyak yang tahu kalau gue sebenarnya terlihat pendiam, tapi sebenarnya tidakkk!.
J. Jaman SMA gue adalah anak yang agak bandel gak betah dikelas kalau nggak ada hiburan yang bisa ditonton.

=======================================
Facebook : Anindhita Indira Twitter : @anindhira
Film Favorit : Artificial Intelligence (A.I.) 
Warna Favorit : Hitam dan Putih
Barang yg dikoleksi : -
Merk parfum : White Musk – The Body Shop
=======================================

Tidak ada komentar: