Kamis, 14 November 2013

#EduGreen Interview | M. Aryanda Ondrio - Winner HiLo Green Ambassador 2013

Arya dalam 5 kata...
Antusias, Optimist, Inovatif, Friendly & (Suka) Tantangan 

Namanya M. Aryanda Ondrio atau biasa disapa Arya, mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia ini merupakan Winner HiLo Green Ambassador 2013. Grand Finalist yang mewakili Sumatera Barat ini punya prestasi yang luar biasa ditingkat nasional maupun internasional. Tidak heran kalau dia memang layak menjadi pemenang ditahun ketiga penyelenggaraan duta lingkungan ini. Kebetulan hari sabtu yang lalu teman-teman dari @HiLoBDG mengadakan kegiatan #Bebas (Bebenah Bandung Ku Sarerea) dalam rangkaian Weekend Bareng HiLo, dan Arya berkesempatan menghadiri kegiatan ini bersama 1st Runner Up HGA 2013 yaitu Ayu Meivitasari. Mereka berdua memberikan edukasi tentang lingkungan dan sharing tentang pengalaman aksi hijau yang selama ini mereka lakukan. Nah sebelum lebih lanjut menceritakan tentang kegiatan tersebut yang nanti akan saya share juga di postingan selanjutnya, mari kita simak #EduGreen Interview saya bersama cowok keren kelahiran Solok, 2 April 1993 yang mengidolakan Thirty Seconds To Mars ini.

Aktivitas saat ini...
Saat ini saya aktif di beberapa komunitas dan organisasi baik di dalam maupun luar kampus. Di kampus saya aktif sebagai ‘Batch Leader’ – APSIA UI (Accelaration Program for Student International Achievement), Public Relation for External Division at HIPMI UI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia). Di luar kampus, saya sebagai founder dan president – IMS (Indonesia MUN Society), Cluster Coordinator for IYAA Jakarta (Indonesian YES Alumni Association), Communication and Partnership Division at IFL (Indonesian Future Leader). Serta saya aktif di komunitas hijau ‘HiLo Green Community’.

Green Act...
Sebagai peneliti muda, saya melakukan penelitian terkait kelingkungan tentang pengurangan dampak pemanasan global dengan membuat prototype pohon elektronik menggunakan medium batuan zeolite. Penelitian ini berhasil mendapat apresiasi di ajang olimpiade tingkat nasional maupun internasional. Seperti di SSYS Malaysia, INESPO Belanda dan ISWEEEP Amerika Serikat. Serta ikut bergabung dan berkolaborasi  dengan komunitas hijau lainnya.

Winner HGA 2013 
Suatu amanah dan tugas yang perlu di jalankan dengan baik. Perasaan bangga, khawatir, deg-degan, senang bersatu bercampur menjadi satu. Jelas ini apresiasi yang begitu luar biasa dan satu kebanggaan untuk saya pribadi.

Hal yang paling menarik pada saat karantina HiLo Green Ambassador 2013... 
Begitu banyak hal yang menarik, hampir di setiap sesi memiliki cerita tersendiri. Pengalaman mengunjungi Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur. Melihat keindahan bawah laut, konservasi bekantan, pengamatan dan konservasi penyu, tanam mangrove, snorkeling-diving dan lain nya adalah pengalaman yang  berharga dan istimewa karena menghabiskan waktu untuk belajar dan berbagi bersama ke 20 Grand Finalist lainnya.

Permasalahan lingkungan yang paling perlu menjadi fokus perhatian kita saat ini... 
Semua permasalahan lingkungan pastinya terikat satu sama lain dan menimbulkan efek domino di sekitaran kita. Oleh Karena itu, menjaga lingkungan sekecil  apapun sangat berarti dan berdampak.

Harapan kedepannya terhadap lingkungan...
Setiap orang memiliki andil, baik menjaga atau bahkan merusak lingkungan. Oleh karena itu, alangkah lebih baik setiap tindakan kita di landasi dengan bijak agar tidak merusak lingkungan. Mulai dari kebiasaan sehari-hari, hal kecil di sekitar kita dan kolaborasikan dengan passion kita, dengan begitu menjaga lingkungan terasa lebih menyenangkan.

Green act yang akan kamu lakukan kedepannya 
Ada beberapa program yang akan dilaksankan secara sustainable dan mengakar. Kegiatan terdekat adalah ‘Weekend bareng HiLo” (WH) serentak di beberapa komunitas HiLo di Indonesia. Akan ada 9 kota terkait di batch 1, dan 15 dam 20 kota nantinya di batch 2 dan 3. Lalu juga akan ada National Green Camp yang akan mengajak pemuda terpilih se-Indonesia untuk mewakili daerah nya dan fokus pada pembahasan terkait lingkungan.

Terima kasih...
Kemenangan ini bagi saya adalah buah hasil kerjasama yang begitu luar biasa dari banyak pihak, saya ingin mengucapkan terimakasih kepada teman dan keluarga baru saya ke 19 Grand Finalist HGA, Pihak Nutrifood dan HiLo, Pak Mardi CEO Nutrifood, Orangtua dan keluarga, teman, sahabat, Ibu Kori dan sahabat KIR SMAN 38 Jakarta, komunitas HiLo se-Indonesia, dan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. Serta banyak pihak yang tidak bisa saya sebut satu per satu disini. 



Nah kalau ini adalah pertanyaan random aja sih, yang warna merah adalah jawabannya dia. Mari kita lihat hasilnya hahahaaa....
A. Lagu Passenger – Let Her Go adalah lagu yang paling gue suka.
B. Benteng adalah mainan andalan gue jaman SD
C. Paling gak suka kalau ada yang bahas isu terkait SARA di jejaring sosial.
D. Gue agak sedikit parno dengan hantu-mistik karena trauma.
E. Agak ilfill kalau lihat cewek yang tidak bisa menyesuaikan diri.
F. Tahun 90'an dulu gue bareng keluarga sering kumpul depan TV nonton keluarga cemara.
G. Tidur tengah malam/begadang  adalah sifat buruk gue yang pengen gue ubah.
H. Gue merasa ganteng kalau Percaya diri dan berharap dijalan nanti ketemu Pevita Pearce.
I. Gak banyak yang tahu kalau gue sebenarnya sudah lama single.
J. Jaman SMA gue adalah anak yang aktif gak betah dikelas kalau hanya mencatat-mendengarkan.

=======================================
Facebook : Arya Ondrio | Twitter : @AOndrio
Penyanyi Favorit : Thirty Seconds To Mars
Film Favorit : Eternal Sunshine of the Spotless Mind & Gladiator

Tidak ada komentar: