Rabu, 09 Oktober 2013

#Edugreen Interview | Rudy Kurniawan, Top 10 & The best Sociogreener HGA 2013

Rudy dalam 5 kata...
Dokter, travel, hijau, pemikir, dan sederhana.

Itulah jawaban Rudy Kurniawan, dokter muda kita ketika diminta memberikan 5 kata yang menggambarkan sosok dirinya. Jebolan Universitas Indonesia Fakultas Kedokteran ini adalah Grand Finalist Hilo Green Ambassador 2013, perwakilan Jawa Tengah yang berhasil menjadi Top 10 dan memenangkan kategori The best Sociogreener HGA 2013. Jujur, Rudy adalah salah satu orang yang saya jagokan menjadi Grand Finalist dan pemenang sejak sama-sama menjadi semifinalist HGA kemarin. Menurut saya, cowok  yang hobi traveling ini punya karakter yang kuat, profil dan prestasi yang dimilikinya sangat mendukung untuk menjadi seorang Green Heroes. 

Untuk mengenal lebih dekat dengan alumni SMAK 1 BPK Penabur Jakarta ini, mari kita simak #EduGreen Interview saya berikut ini.

Aktivitas saat ini...
Saat ini saya sedang menjalani program internship (November 2012 - Oktober 2013) di Sangatta, Kutai Timur, Kalimantan Timur. Program internship dibentuk agar para dokter yang baru lulus mendapatkan pengalaman ketika bekerja di daerah dengan fasilitas terbatas dan mampu terjun dalam masyarakat dengan harapan dapat meningkatkan kondisi kesehatan mereka. Sekarang sudah berlangsung 11 bulan, jadi tinggal satu bulan lagi. Selain bekerja layaknya dokter umum di rumah sakit dan di puskesmas, saya bersama rekan-rekan dokter aktif dalam kegiatan sosial di KPA (Komisi Penanggulangan AIDS) sebagai contoh pengadaan skrining kesehatan rutin serta survei pengetahuan-sikap-perilaku PSK (Pekerja Seks Komersial) di wilayah Sangatta, kemudian beberapa kali mendapat kesempatan untuk terlibat dalam bakti sosial berupa layanan pengobatan gratis. Saya juga dipercaya untuk mengisi talkshow "Halo Dokter" di salah satu radio lokal di Sangatta.

Green Act...
Semasa kuliah, saya tergabung dalam organisasi AMSA (Asian Medical Students Association), salah satu program kerja sosialnya adalah menjadikan lingkungan sehat dan hijau. Waktu itu kami bersama-sama memberikan pelatihan pembuatan biopori ke anak SD, mengajarkan bagaimana memilah sampah dan mendaur ulangnya. Di samping kegiatan di AMSA, saya sempat mengadakan penelitian mengenai Dampak Pemanasan Global terhadap Penyakit Tropis.
Penelitian ini membawa saya ke Global Health Conference 2010 di Tasmania, Australia. Saya pikir kegiatan hijau ini akan berakhir ketika menjalani internship, tetapi justru saat internship saya kembali mendapat kesempatan untuk menyebarkan virus hijau. Sangatta, tempat saya internship adalah kota tambang batu bara. Sudah terbayang bagaimana proses pertambangan yang identik dengan perusakan lingkungan. Saya berkesempatan untuk mengunjungi beberapa titik pertambangan serta daerah reklamasi. Dalam kunjungan tersebut dibuka sesi diskusi mengenai lingkungan, nah di sanalah saya dan teman-teman banyak bertanya sekaligus menyampaikan pendapat. Pada intinya proses pertambangan tersebut sudah diminimalisir dampak buruknya. Yang jelas peran serta masyarakat sangat diperlukan dalam mengelola lahan reklamasi agar lebih hijau dan dapat bermanfaat nantinya. Kegiatan lainnya adalah bakti sosial di Pulau Miang yang berjarak 2 jam naik speedboat dari Sangatta (Sangatta berjarak 8 jam naik mobil dari Balikpapan). Di Pulau Miang ini, pekerjaan utama masyarakatnya adalah sebagai nelayan. Saya dan rekan-rekan membuka pengobatan gratis. Selain masalah kesehatan, kami juga memberikan penyuluhan bagaimana menjaga lingkungan laut, terutama terumbu karang karena tidak jarang masyarakat setempat mengambil terumbu karang untuk diperjualbelikan sebagai hiasan akuarium. Harapannya para nelayan dan keluarganya dapat terus memelihara laut. 

Hal yang paling menarik pada saat karantina HiLo Green Ambassador 2013... 
Materi yang diberikan dan teman-teman yang luar biasa. Materi yang diberikan membentuk kami agar lebih memahami kingkungan dan bagaimana dapat menjadi figur hijau di masyarakat. Teman-teman dengan latar belakang yang luar biasa turut menginspirasi saya dan memperluas jejaring hijau yang kami miliki.

Permasalahan lingkungan yang paling perlu menjadi fokus perhatian kita saat ini... 
Sederhana saja, yakni bagaimana membuat masyarakat berperilaku cinta lingkungan. Sepenting apapun isunya akan menjadi percuma tanpa keterlibatan masyarakat. Dari beragam survei, disimpulkan bahwa sebenarnya masyarakat tahu pentingnya menjaga lingkungan, sayangnya mereka belum menerapkannya. Sebagai contoh, masyarakat tahu bahwa penggunaan kantong plastik itu tidak baik, tetapi masih saja masyarakat boros dalam menggunakan kantong plastik. Salah siapakah ini?

Harapan kedepannya terhadap lingkungan...
Harapan saya, kita semua dapat bekerja sama untuk menjaga lingkungan. Terapkan dari hal kecil sehari-hari yang paling mudah, seperti menghemat air, diet kantong plastik, membuat ruang terbuka hijau di rumah, dan lain sebagainya. Mudah-mudahan kita dapat saling menginspirasi. Segala pekerjaan dan perubahan yang besar dimulai dari hal-hal kecil.

Nah kalau ini adalah pertanyaan random aja sih, yang warna merah adalah jawabannya dia. Mari kita lihat hasilnya hahahaaa....
A. Lagu yang sesuai suasana hati (gak ada yang spesifik) adalah lagu yang paling gue suka.
B. Kasti bantal adalah mainan andalan gue jaman SD
C. Paling gak suka kalau ada yang galau-galau atau ngedumel gak jelas di jejaring sosial.
D. Gue agak sedikit parno dengan apply VISA sendiri karena pernah ditolak.
E. Agak ilfill kalau lihat cewek yang telat mikir a.k.a bego.
F. Tahun 90'an dulu gue bareng keluarga sering kumpul depan TV sambil makan bareng.
G. Sering bersikap terlalu formal adalah sifat buruk gue yang pengen gue ubah.
H. Gue merasa ganteng kalau traveling dan berharap dijalan nanti ketemu pengalaman baru.
I. Gak banyak yang tahu kalau gue sebenarnya bisa nulis tulisan Jawa.
J. Jaman SMA gue adalah anak yang gila belajar gak betah dikelas kalau ACnya mati.

Dan itulah #EduGreen Interview saya dengan Dokter muda pecinta lingkungan yang sangat inspiratif. Terima kasih untuk Rudy yang sudah menyempatkan waktunya untuk berbagi pengalaman dengan viewers Zaghaa Blogspot. Sukses selalu untuk Rudy dan terus menginspirasi bro. Nantikan #EduGreen Interview selanjutnya ya Greeners.

=======================================
Facebook : Rudy Kurniawan | Twitter : @rudycrates
Penyanyi Favorit : Michael Bublé, Pit Bull
Film Favorit : In Time, Fringe (serial)
Warna Favorit : Biru, coklat
Barang yg dikoleksi : Magnet kulkas
Merk parfum : CK, Hugo Boss

Tidak ada komentar: