Kamis, 10 Oktober 2013

#Edugreen Interview | Ethly Johannis Alfaris, 4th Runner Up HiLo Green Ambassador 2013

Ethly dalam 5 kata...
People who stand behind microphone.
(Gw sadar kalau gue adalah orang yang terlahir untuk berdiri di depan banyak orang, memegang mic, menghibur dan menginspirasi mereka dengan hal-hal positif). 


Nyong Ambon manise pemilik suara merdu ini merupakan Grand Finalist HilLo Green Ambassador 2013 perwakilan Maluku, yang berhasil menjadi 4th Runner Up HGA.  Ethly merupakan salah satu peserta yang lolos menjadi semifinalist pada saat itu melalui audisi video dari kota audisi Jakarta. Berkontribusi aktif dalam berbagai kegiatan kampanye hijau di Ambon, menjadikan Alumni dari Universitas Pattimura fakultas hukum ini layak menjadi Green Heroes yang membanggakan dari Indonesia Timur. Sebelum kita simak #EduGreen Interview saya dengan cowok yang lahir pada tanggal 27 Oktober 1986 ini, yuk kita dengarkan suara merdunya pada saat penjurian HGA beberapa waktu lalu yang menyanyikan theme song HGA hasil karya bersama Grand Finalist lainnya.



Aktivitas saat ini...
Menjalankan tugas sebagai Abdi Negara di Instansi Perhubungan Laut, tepatnya di kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Ambon.

Maluku kini...
Ketika orang mendengar Maluku yang sering terlintas dalam pikiran kebanyakan orang adalah konflik, kerusuhan, dan premanisme. Namun sesungguhnya konflik sosial di Maluku sudah lama berlalu, Maluku kini sudah damai, provinsinya sudah mulai berkembang, dan masyarakatnya tak kalah ramah. Perasaan BANGGA yang luar biasa ketika terpilih menjadi Grand Finalist HiLo Green Ambassador 2013, apalagi ketika menggunakan sash bertuliskan MALUKU di pundak, sehelai tanggung jawab yang diemban sebagai perwakilan masyarakat Maluku untuk memberikan kontribusi positif ditengah masyarakat khususnya terhadap pelestarian lingkungan.

Green Act...
Saya turut menginisiasi Earth Hour 60+ di Kota Ambon, membentuk HiLo Green Community Ambon, mengadakan sosialisasi-sosialisasi mengenai pengelolaan sampah di beberapa sekolah di Ambon, dan malakukan kampanye online #savearuisland yang mendukung stop reklamasi hutan di Pulau Aru - Maluku.

Hal yang paling menarik pada saat karantina HiLo Green Ambassador 2013... 
Disamping banyak sekali ilmu dan proses karantina yang tidak terlupakan, 1 hal yang paling menarik adalah saya mendapat kesemptan bertemu dan mengenal 19 inspirator hijau lainnya dari berbagai daerah yang begitu luar biasa mengabdikan masa muda mereka dalam menjaga lingkungan. 

Permasalahan lingkungan yang paling perlu menjadi fokus perhatian kita saat ini... 
Pada hakikatnya semua permasalahan lingkungan perlu mendapat perhatian, namun jika harus mengutarakan 1 hal, saya cenderung lebih tertarik untuk memperhatikan masalah sampah. Sampah berdampak pada masalah lain seperti pencemaran, penyakit, bahkan bencana alam. Sehingga butuh kesadaran masyarakat dalam pengelolaannya.

Harapan kedepannya terhadap lingkungan...
Semoga lebih banyak lagi pemuda Indonesia yang concern dan menjadi inspirator-inspirator hijau dalam masyarakat. Because only one EARTH and we live in it.

Nah kalau ini adalah pertanyaan random aja sih, yang warna merah adalah jawabannya dia. Mari kita lihat hasilnya hahahaaa....
A. Lagu melow adalah lagu yang paling gue suka.
B. Pensil, kertas, penghapus adalah mainan andalan gue jaman SD
C. Paling gak suka kalau ada yang minta pin BB di jejaring sosial.
D. Gue agak sedikit parno dengan cicak karena kenyal.
E. Agak ilfill kalau lihat cewek yang bego.
F. Tahun 90'an dulu gue bareng keluarga sering kumpul depan TV sambil nonton Asia Bagus.
G. Cuek adalah sifat buruk gue yang pengen gue ubah.
H. Gue merasa ganteng kalau senyum dan berharap dijalan nanti ketemu produser iklan pasta gigi.
I. Gak banyak yang tahu kalau gue sebenarnya Rangers Hijau.
J. Jaman SMA gue adalah anak yang maksa eksis gak betah dikelas kalau pelajaran Akuntansi.

Sekian interview saya dengan Ethly, seorang PNS yang punya kepedulian besar terhadap lingkungan. Semoga terus menginspirasi lebih banyak orang lagi untuk berkontribusi nyata terhadap pelestarian alam. Kita doakan juga semoga secepatnya ada produser yang melirik Ethly untuk menjadi bintang iklan pasta gigi atau seorang penyanyi hehehee...
Sukses selalu bro...

=======================================
Facebook : Ethly Jo Alfaris  | Twitter : @ethlyalfa
Penyanyi Favorit : Marcell, Beyonce
Film Favorit : Gak terlalu suka nonton film
Warna Favorit : Merah, Coklat
Barang yg dikoleksi : Superman Stuff
Merk parfum : TOUS, ZARA For Him

Tidak ada komentar: