Selasa, 07 Agustus 2012

Kiat Sukses Berhenti Merokok ala Akhmad Rezha


Salah satu orang terkeren yang pernah gue temuin adalah Akhmad Rezha, teman kelas gue dikampus. Kenapa gue bilang keren ?, gue kenal hampir semua teman kelas gue yang cowok dikelas adalah orang-orang pecandu rokok berat bin kelas kakap, termasuk si Rezha ini. Tapi sekarang akhirnya dia udah memilih untuk meninggalkan kebiasaan buruknya itu, sebuah langkah yang sulit apalagi tinggal dirumah yang lingkungannya rata-rata perokok (teman kelas gue ngontrak rumah bareng). Itu dia alasan kenapa gue bilang Rezha ini keren.

Dan kali ini cowok yang berasal dari Surabaya ini mau share pengalaman dia tentang kebiasaan buruk lamanya itu, semoga bermanfaat dan menginspirasi buat viewer Zaghaa Blogspot. Amin...
 Awal mula mencoba rokok...
SD! hahahaha  coba-coba doang sih. Jadi perokok aktif pas awal SMA, jadi perokok (hyper)aktifnya mulai lulus SMA hehehe...

Alasan mencoba rokok...
Awalnya karena penasaran. Biasa, alasan klasik para pecandu rokok.

Kenikmatan merokok...
Nikmatnya ngerokok? selama gue ngerokok jujur belum nemuin nikmatnya rokok seperti yang konon katanya bisa bikin ngilangin stress, bikin pikiran santai dan sebagainya. Kalau gue sih ngerokok cuma sekedar kebiasaan. Jadi nikmatnya ya sekedar memuaskan kebiasaan dan keinginan untuk ngerokok, gak lebih. Ya diibaratin orang yang suka makan sate, pastilah mereka punya kenikmatan tersendiri setelah berhasil menyantap seporsi sate (hahahaha nggak banget yak analoginya, tapi ya mungkin kayak gitu lah setidaknya buat gue).

Faktor utama kamu berhenti merokok
Sebenernya gak ada faktor utama buat gue berhenti ngerokok, gue ngerokok karena gue milih buat jadi perokok dan gue berhentipun karena gue milih buat berhenti ngerokok. Life is a choice, isn't ?.

Tantangan terbesar berhenti merokok...
Yang pasti tantangan terbesar ada pas awal gue berhenti ngerokok, tinggal di lingkungan yang mayoritas dihuni perokok kelas kakap, hahaha, jelas bukan hal mudah bro.
Gue harus ngadepin doktrin temen gue, ngeliat orang di sekitar gue ngerokok, dan yang paling berat waktu di awal berhenti ngerokok ya ngeliat orang ngerokok dan nyium aroma rokok favorit gue... 
Itu semua tantangannya buat gue, pas mulai berhenti ngerokok dan sempet sukses membuat gue "berhenti" untuk berhenti ngerokok 2 kali. 

Manfaat berhenti merokok...
Manfaat terbesar yang gue rasain pasti ya pastinya surplus di "APBAK = Anggaran Pendapatan dan Belanja Anak Kost". Dihitung-hitung buat beli rokok sebulan mendingan duitnya dipake buat hal lain, beli pulsa, jajan, main biliar (hahaha kalo ini mah malah bikin makin defisit). Yang pasti manfaat pertama yang gue rasain sih itu, dan mudah-mudahan kedepannya gue bisa rasain manfaat lebih dari gue berhenti ngerokok sekarang.

Tips berhenti merokok ala Akhmad Rezha...
Yang pasti berhenti ngerokok emang gak gampang, gue sendiri sebelumnya pernah "coba-coba" berhenti tapi gagal 2 kali. Tapi yang namanya proses gak ada yang tinggal seduh (baca:instan) bro. Yang penting tujuan tercapai...hehe 
Buat yang mau berhenti ngerokok, gak usah banyak mikir, gak usah repot pergi ke toko buku buat beli buku "Tips dan Trik Berhenti Merokok", "Tutorial Berhenti Merokok Buat Pemula", dan sebagainya. Gak begitu ada gunanya ! gue sendiri udah pernah beli buku beginian, hasilnya : Gak gue baca!.
Intinya kalo memang "mau" berhenti yang dibutuhin cukup :
1. Niat
Gue rasa kalau emang punya niat berhenti ngerokok, itu berarti tinggal nunggu waktu buat mulai berhenti ngerokok. Tergantung sekuat dan segede apa niatnya.
2. Komitmen
Begitu berhenti ngerokok, harus punya komitmen yang kuat buat benar-benar berhenti ngerokok. Jangan pas udah berhenti, terus pengen ngerokok walau dengan alasan dan jumlah sekecil apapun. Kalau mikir gini: "ah ngerokok dulu deh, 1 batang doang..." mau ngerokok 1 batang, 1 isep, 1 kontainer juga sama aja. Artinya harus ngulangi lagi proses berhenti ngerokok mulai dari 0.
Jadi ya itu aja niat dan komitmen. Simpel dan gratis !

Pesan bagi para perokok...
MEROKOK DAPAT MENYEBABKAN KANKER, SERANGAN JANTUNG, IMPOTENSI, DAN GANGGUAN KEHAMILAN DAN JANIN. 
itu aja sih hehehe, emang mau impoten? Nggak keren bro... 

Tidak ada komentar: