Minggu, 29 Agustus 2010

Sahabat bagi saya...

Waktu sudah menunjukkan Pukul 01.05 Wita, tiba-tiba jadi aneh sendiri (lagi). Seperti biasa, saya adalah orang yang tidak begitu tertarik untuk bercerita kepada siapapun apa masalah yang sedang saya hadapi. Bahkan kepada orang-orang yang saya anggap sahabat sekalipun. Tetapi sebaliknya, saya tidak suka kalau ada masalah mereka yang tidak diceritakan pada saya. Saya memang membutuhkan ratusan, ribuan, bahkan mungkin jutaan teman. Tetapi, saya hanya membutuhkan beberapa sahabat saja.

Banyak alasan mengapa orang-orang yang saya anggap sahabat ini tidak begitu banyak bercerita, alasan yang pasti karena saya bukan orang yang tepat. Mereka tidak wajib menyebut saya sahabat mereka, karena masing-masing orang punya kriteria dan ukuran persahabatan sendiri, begitu pula saya. Berbagi derita adalah kewajiban saya kepada sahabat saya untuk ambil bagian didalamnya, tetapi tidak usahlah kalian terlalu sering berbagi kebahagian yang kalian rasa, karena bukan itu yang saya cari dari kalian. Saya hanya mengharapkan kalian menempatkan saya dalam tiap permasalahan hidup kalian, karena sungguh saya tidak ingin melihat kalian larut sendiri dalam kesuraman. Mungkin terdengar sangat berlebihan, tetapi ini kejujuran dari saya.

Sebisa mungkin saya merelakan zona nyaman saya untuk membayar pengetahuan tentang diri kalian. Saya sangat merasa agung dikala kalian mulai bercerita dan percaya kepada saya.

Tidak ada komentar: