Kamis, 22 Juli 2010

Saya Bangga Menjadi Putra Makassar !

Menjadi mahasiswa yang jauh dari perantauan menumbuhkan rasa bangga atas tanah kelahiranku, yaitu Makassar. Melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Sulawesi yang kami beri nama CCTP (Celebes Community of Telkom Polytechnic), kami terhimpun sebagai saudara sesama perantau dari Sulawesi yang mayoritas adalah orang Makassar.

Kami mencoba menyingkirkan stigma negatif kebanyakan orang, kalau mahasiswa Makassar adalah mahasiswa yang kerjaannya demo dan rusuh. Kami lebih banyak aktif diberbagai kegiatan kampus dan bergabung dalam beberapa UKM. Satu kebanggan tersendiri bagi kami apabila civitas akademika kampus kami mengakui kalau orang Makassar adalah mahasiswa yang aktif dan membanggakan.

Pada kegiatan STEP (Spirit of Telkom Polytechnic) 2009 [tahun lalu] yang merupakan suatu event tahunan yag diadakan kampus untuk menampilkan eksistesi UKM yang ada di Politeknik Telkom. Dan suatu kebanggan bagi saya dapat ditunjuk untuk membawakan acara ini ditemani junior saya yang satu UKM Broadcast Radio Kampus yaitu Miftah Thantowi Surya. CCTP menampilkan tarian khas Makassar dan poco-poco dari Manado. Suasana Lobby kampus sontak menjadi ramai dan heboh begitu UKM Sulawesi tampil disertai riuh teriakan dan tepuk tangan penonton. Tampak 3 pasang anggota CCTP menari dengan sangat membanggakan lengkap dengan pakaian adat khas Makassar. Terima kasih kepada anak UKMS (Unit Kegiatan Mahasiswa Sulawesi) dari IT Telkom yang telah melatih para penari walaupun baru berlatih 2 minggu sebelum acara terlaksana.

Kebetulan kita juga mengajak anak sulawesi dari IT Telkom (STT Telkom) yang terhimpun dalam UKMS (Unit Kegiatan Mahasiswa Sulawesi) untuk menambah suporter pas kami tampil. Alhasil dari keseluruhan pengisi acara, yang paling heboh adalah penampilan dari CCTP. Kalau ada award untuk suporter terheboh, pastinya anak sulawesi yang akan mendapatkannya. SULAWESI MANTAP MANTONG !!!!.

Yang tidak kalah seru adalah, setelah tarian khas makassar langsung disambung dengan poco-poco. Musik khas poco-poco langsung membahana begitu pula dengan suporter yang semakin semangat memberikan dukungan.Suasana merah hitam langsung tampak jelas senada dengan kostum yang dikenakan para anggota dari CCTP.


Diakhir penampilan, kami mengajak semua civitas akademika dan para penonton yang datang untuk ikut berbaur dengan kami ditengah panggung untuk berpoco-poco bareng. Dan yang paling mengundang perhatian adalah Bapak Direktur Politeknik Telkom pada saat itu yaitu Bapak AT. Hanuranto turut bargabung dengan kami, tidak kalah juga dari bagian Kemahasiswaan Mbak Desy dan Mas Jul serta Panitia Step dan Karyawan Politeknik Telkom. Ikut andil ditengah panggung. Kalau ingat acara ini, saya sungguh bangga dengan teman-teman CCTP yang sangat kompak dan punya rasa solidaritas yang sangat tinggi untuk mengharumkan nama baik Sulawesi khususnya Makassar.


Dalam acara ini CCTP memenangkan berbagai macam juara yaitu :
1. Juara 3 Stan Terbaik dari lebih 30 UKM yang ada di Politeknik Telkom
2. Juara 2 Bulu tangkis ganda putri oleh Primiastuti and friend
3. Juara 1 Lomba Fotografi oleh Irwanda Wirasaputra
4. Juara 2 Lomba Fotografi oleh Fityah Fulki

Acara ditutup keesokan harinya dan kembali pihak kampus mengundang anak CCTP untuk kembali tampil berpoco-poco. Semoga tahun ini kami bisa meningkatkan prestasi dan tetap menjaga nama baik keluarga Sulawesi.

Diluar acara tadi, saya memang sangat bangga menjadi putra asli Makassar. Kecintaanku terhadap budaya, tempat pariwisata, dan pastinya makanan-makanan khas Makassar yang memang tiada tandingnya,sudah tidak dapat ditanyakan lagi. Apalagi saya tumbuh ditengah keluarga yang memang kental dengan nuansa kedaerahan, kalau kebanyakan orang malu dengan bahasa asli daerahnya, justru saya tidak sama sekali. Saya sangat fasih berbahasa Makassar, bukan hanya logat saja tapi benar-benar bahasa asli. Bagi sebagian orang berbahasa daerah itu tampak norak, kampungan, dan jadul. Tapi saya tetap bisa menempatkan diri dan saya tetap bangga bisa fasih berbahasa daerah yang sebenarnya tidak semua orang bisa.

Maharani - Sulawesi Pa'rasanganta'

2 komentar:

ajeng mengatakan...

udah mampir nih zack...
nice posting.. ^_^

Anonim mengatakan...

ada yg terlupakan, juara 1 lomba logo BEM :P