Rabu, 28 Juli 2010

Foto-foto jaman dulu...

Hahahaa...
Lagi ngutak-ngatik file dilaptop, tiba-tiba dapat folder foto-foto jaman dulu. Nih beberapa diantaranya. Hahahaaa...

 Jadulnya, lagi nunggu yang lain buat foto finalis duta pariwisata makassar Dara Daeng 2007 untuk Koran Tribun Timur bareng Yudha dan Karina 

Kucel banget, nih malam sebelum gue pindah ke Bandung Afif, Budi, Silmu, dan Diza pada datang kerumah buat say Good Bye !! hahaha.... [5 Agustus 2008]

Cupu abis ! Lagi siaran di Prambors Makassar sama Chiko dan Dita ! [18 September 2007]

Foto paling bersejarah, kalau liat ini bawaannya kesemsem kagak jelas. Ada cerita dibalik foto ini. Hahahaa....

Bocah !! jaman kelas 3 SMA bareng Tisa, Tiara, sama Ika. [1 Maret 2008]

Foto pake laptopnya kiki bareng Didin ! hahahaa... kocak ! [5 April 2008]

Kebodohan ! hahahaa... rambutnya afif kayak landak ! [10 April 2008]

Udah dulu dah, nanti dipublish lagi yang lain !!!
^;^

Senin, 26 Juli 2010

Gelar Kreativitas Muda Praja Angkatan XX

Malam puncak Gelar Kreativitas Muda Praja (GKMdP) angkatan XX yang digelar pada malam minggu kemarin, 24 Juli 2010 di Ruang Balairung Jenderal Rudini Kampus IPDN Jatinangor, Jawa Barat. Acara GKMdP merupakan wadah bagi para praja IPDN untuk menyalurkan bakat mereka dibidang seni dan Olahraga. Dalam malam puncaknya, kontingen dari Sulawesi Selatan mendapat kehormatan untuk menjadi pembuka acara tersebut. Kebetulan saya dan teman-teman di UKM Sulawesi Politeknik Telkom diajak oleh sahabat saya Bakhrul Afif Amsak (walah nih orang namanya paling eksis di blog saya !) untuk bisa melihat persembahan Tari pagelu Toraja dan Tari gandrang Bulo Makassar yang ditampilkan pada malam itu. Walaupun Jatinangor lumayan jauh, tapi kami bela-belain untuk bisa datang. Soalnya jarang sekali bisa menyaksikan acara seperti ini.


Inilah anggota kontingen Sulawesi Selatan yang telah bersiap-siap untuk memberikan penampilan terbaik mereka.


Acara sudah akan dimulai, sebelum tampil mereka berkumpul dahulu untuk berdoa untuk kelancaran acara ini. Saya juga turut merasakan semangat yang begitu besar dari kekompakan yang mereka perlihatkan. Kesan serius yang biasanya tampak dari seorang praja dari seragam yang mereka kenakan, kini untuk beberapa saat sirna oleh kostum daerah yang mereka kenakan. Sungguh saya sangat berbangga hati melihat mereka.


Acara-pun dimulai, tampak seorang praja yang mengenakan Jas Tutup lengkap dengan segala macam atribut kedaerahan, melangkah kedepan panggung beserta para penari dibelakangnya diiringi dengan suara alunan gendang. Sontak seisi ruangan menjadi kental nuansa Makassar, begitu pula riuh tepuk tangan dari penonton membuat saya merinding melihat tontonan didepan mata saya. Anggota kontingen yang lain-pun turut bersorak memberikan semangat kepada mereka yang berada didepan panggung. Kini, mereka berjalan menuju pintu masuk utama untuk menyambut Pembantu Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan, yaitu Bapak Drs. Rondonuwu M.Si.
Tampak praja yang mengenakan jas tadi mengeluarkan badik dari sarung yang ia kenakan dan berbicara menggunakan bahasa Makassar dengan lantang. Inilah ritual adat Makassar yang biasa dilakukan untuk menyambut tamu kehormatan dalam suatu acara kedaerahan.

Tampak Bapak Drs. Rondonuwu M.Si disambut dan dikenakan Songkok Bone oleh penari






Secara keseluruhan acara pembukaan pada malam itu sangat sukses, sangat keren sekali, lebih dari apa yang saya bayangkan sebelumnya. Selanjutnya acarapun mulai berlangsung, satu persatu juara dari berbagai lomba diumumkan. Begitu juga dengan penampilan praja yang lainnya. Ada yang mempersembahkan paduan suara, perkusi, modern dance, Band, dan beberapa penampilan daerah lainnya. Yang juga memukau bagi saya adalah penampilan perkusi dari barang bekas dan atraksi debus. Acara masih berlajut, tetapi karena waktu menunjukkan pukul 12 malam, kami pun harus pulang karena subuh nanti kami harus berkumpul dikampus untuk upgrading persiapan ospek kampus kami. Walaupun tidak menyaksikan hingga selesai, penampilan para Praja IPDN angkatan XX sungguh sangat memukau. Kreativitas mereka sudah tidak usah dipertanyakan lagi.


Terima kasih buat Afif sudah mengundang kami untuk menyaksikan acara yang sangat luar biasa ini, juga terima kasih kepada seluruh Praja kontingen Sulawesi Selatan angkatan XX yang menerima kadatangan kami dengan sangat baik, terakhir kepada seluruh Praja IPDN salut kepada kalian dengan semua bakat luar biasa yang diperlihatkan di malam puncak GKMdP. Sukses Semuanya !!!



Maharani - Indo' Logo

Minggu, 25 Juli 2010

Tidak Tahu

Dititik ini...
Saya ingin bercerita tentang masa yang telah lampau
Disaat mimpi berbaris-baris memenuhi asa
Terkadang hal yang telah lampau tak terpenuhi hingga masa ini
Hanya saja ada yang sulit untuk dimengerti
Mengapa tak berubahpun hingga bias sinar menyirna sedari tadi
Aroma pagi yang sekiranya menyejukkan
Berubah parau gersang tak berdaya
Sekiranya perjalan yang mengakibatkanku melangkah tak terhenti
Beradu dengan kehilangan arti terpenting dalam selangkah tadi
Yang tadi itu bukanlah permulaan apa yang tak diketahui
Tetapi sudah dari tempo hari
Rona bayangan yang semu beranjak menari dalam bingkainya
Kini kalaupun tahu, apa saja yang telah diperbuat
Seharusnya ada bagian pengertian yang terharapkan
Bahwa saya ini sebuah titik untuk mengerti kalian
Lawan kalian untuk menjadi yang terbaik
Musuh terbesar kalian untuk bertahan
Apa saja kekurangan ini
Karena kalian lebih tahu dari apa yang tampak dalam pandangan
Kalaupun bercerita itu sama saja...

Kamis, 22 Juli 2010

Saya Bangga Menjadi Putra Makassar !

Menjadi mahasiswa yang jauh dari perantauan menumbuhkan rasa bangga atas tanah kelahiranku, yaitu Makassar. Melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Sulawesi yang kami beri nama CCTP (Celebes Community of Telkom Polytechnic), kami terhimpun sebagai saudara sesama perantau dari Sulawesi yang mayoritas adalah orang Makassar.

Kami mencoba menyingkirkan stigma negatif kebanyakan orang, kalau mahasiswa Makassar adalah mahasiswa yang kerjaannya demo dan rusuh. Kami lebih banyak aktif diberbagai kegiatan kampus dan bergabung dalam beberapa UKM. Satu kebanggan tersendiri bagi kami apabila civitas akademika kampus kami mengakui kalau orang Makassar adalah mahasiswa yang aktif dan membanggakan.

Pada kegiatan STEP (Spirit of Telkom Polytechnic) 2009 [tahun lalu] yang merupakan suatu event tahunan yag diadakan kampus untuk menampilkan eksistesi UKM yang ada di Politeknik Telkom. Dan suatu kebanggan bagi saya dapat ditunjuk untuk membawakan acara ini ditemani junior saya yang satu UKM Broadcast Radio Kampus yaitu Miftah Thantowi Surya. CCTP menampilkan tarian khas Makassar dan poco-poco dari Manado. Suasana Lobby kampus sontak menjadi ramai dan heboh begitu UKM Sulawesi tampil disertai riuh teriakan dan tepuk tangan penonton. Tampak 3 pasang anggota CCTP menari dengan sangat membanggakan lengkap dengan pakaian adat khas Makassar. Terima kasih kepada anak UKMS (Unit Kegiatan Mahasiswa Sulawesi) dari IT Telkom yang telah melatih para penari walaupun baru berlatih 2 minggu sebelum acara terlaksana.

Kebetulan kita juga mengajak anak sulawesi dari IT Telkom (STT Telkom) yang terhimpun dalam UKMS (Unit Kegiatan Mahasiswa Sulawesi) untuk menambah suporter pas kami tampil. Alhasil dari keseluruhan pengisi acara, yang paling heboh adalah penampilan dari CCTP. Kalau ada award untuk suporter terheboh, pastinya anak sulawesi yang akan mendapatkannya. SULAWESI MANTAP MANTONG !!!!.

Yang tidak kalah seru adalah, setelah tarian khas makassar langsung disambung dengan poco-poco. Musik khas poco-poco langsung membahana begitu pula dengan suporter yang semakin semangat memberikan dukungan.Suasana merah hitam langsung tampak jelas senada dengan kostum yang dikenakan para anggota dari CCTP.


Diakhir penampilan, kami mengajak semua civitas akademika dan para penonton yang datang untuk ikut berbaur dengan kami ditengah panggung untuk berpoco-poco bareng. Dan yang paling mengundang perhatian adalah Bapak Direktur Politeknik Telkom pada saat itu yaitu Bapak AT. Hanuranto turut bargabung dengan kami, tidak kalah juga dari bagian Kemahasiswaan Mbak Desy dan Mas Jul serta Panitia Step dan Karyawan Politeknik Telkom. Ikut andil ditengah panggung. Kalau ingat acara ini, saya sungguh bangga dengan teman-teman CCTP yang sangat kompak dan punya rasa solidaritas yang sangat tinggi untuk mengharumkan nama baik Sulawesi khususnya Makassar.


Dalam acara ini CCTP memenangkan berbagai macam juara yaitu :
1. Juara 3 Stan Terbaik dari lebih 30 UKM yang ada di Politeknik Telkom
2. Juara 2 Bulu tangkis ganda putri oleh Primiastuti and friend
3. Juara 1 Lomba Fotografi oleh Irwanda Wirasaputra
4. Juara 2 Lomba Fotografi oleh Fityah Fulki

Acara ditutup keesokan harinya dan kembali pihak kampus mengundang anak CCTP untuk kembali tampil berpoco-poco. Semoga tahun ini kami bisa meningkatkan prestasi dan tetap menjaga nama baik keluarga Sulawesi.

Diluar acara tadi, saya memang sangat bangga menjadi putra asli Makassar. Kecintaanku terhadap budaya, tempat pariwisata, dan pastinya makanan-makanan khas Makassar yang memang tiada tandingnya,sudah tidak dapat ditanyakan lagi. Apalagi saya tumbuh ditengah keluarga yang memang kental dengan nuansa kedaerahan, kalau kebanyakan orang malu dengan bahasa asli daerahnya, justru saya tidak sama sekali. Saya sangat fasih berbahasa Makassar, bukan hanya logat saja tapi benar-benar bahasa asli. Bagi sebagian orang berbahasa daerah itu tampak norak, kampungan, dan jadul. Tapi saya tetap bisa menempatkan diri dan saya tetap bangga bisa fasih berbahasa daerah yang sebenarnya tidak semua orang bisa.

Maharani - Sulawesi Pa'rasanganta'

Rabu, 21 Juli 2010

Sahabat dari SMP Negeri 6 Makassar 2005

Gue sebenarnya punya beberapa sahabat, nih gue kenalin sahabat gue yang sama-sama pernah satu SMP bareng di SMP Negeri 6 Makassar, kita lulusan tahun 2005.

Nurul Ilma Sukardi

Sista gue yang satu ini adalah orang yang paling kenal gue banget jaman-jaman SMP, sekelas dari kelas 1 sampai kelas 2, kelas 3 pisah kelas tapi bersebelahan doang kelasnya, jadi kalau mau kemana-mana tetap bareng, kekantin bareng, naik angkot bareng, pokoknya udah kayak pinang dibelah kampak. Hahahaaa...
Walaupun pas SMA sudah pisah sekolah, tetap aja kontak-kontakan, malahan sampai sekarang. Padahal boleh dikata kita jarang banget ketemu, tapi kalau teleponan, chat di FB, udah berasa masih teman satu sekolahan. Diantara sahabat yang lain, dia yang paling lama sahabatan sama gue. Gak kebayang sekarang udah 8 tahunan euy.

Afrielia Zilvana R.
Nah kalau sista yang ini gak jauh beda sama Ilma, satu kelas juga kelas 1 dan kelas 2, dan lagi-lagi pisah kelas di kelas 3. Dia adalah orang yag paling update banget tentang Handphone teranyar, ada yang baru langsung ganti HP. hahahaaaa...
Baru berasa dekat banget pas kelas 3 SMP, padahal udah pisah kelas. Sungguh aneh tapi nyata. Sejak lulus SMP malahan makin sering jalan bareng, sampai-sampai pernah satu tempat les English. Anaknya kadang-kadang rada lemot, alhasil itu yag bikin kita jadi ngakak tiap ketemuan. Ulang tahun kita cuman beda 1 hari, dia 28 April gue 29 April. Jadi kalau ulang tahun jadi aneh, gue ngucapin kedia dulu, beberapa jam kemudian baru dia yang ngasih gue selamat ulang tahun.

Ahmad Zaki Ashari

Waktu SMP kita sebenarnya bukan teman akrab, cuman sering aja ngumpul bareng dengan teman kelas gue yang kebanyakan teman SD dia. Nah lulus SMP kebetulan satu SMA sama adik gue, dan jadi sering main kerumah. Lucunya, paggilan gue SMA jadi Zacky gara-gara sempat jadi announcer di Makassar. Gue gak plagiat nama dia, nama Zacky gue ambil dari nama band yang gue liat di MTV, nama bandnya shakey apa gitu (lupa !). Nah orang-orang kebanyakan ngira gue plagiat namanya dia. Dia sahabat paling care menurut gue, segala kebobrokan gue dia deh yang paling tahu. 


Bakhrul Afif Amsak

Waduh, mau ngomong apa lagi mah kalau tentang brother satu ini. Kayaknya sudah famous banget di blog gue. Yang pasti gue kenal dia di SMP emang udah kelihatan aktif banget, di SMP ikutan Praja Muda Karana dan kuliah jadi Praja di IPDN. Satu SMA di SMA Negeri 3 Makassar, metamorfosisnya paling kentara banget. Bagi yang kenal dia pas jaman SMA pasti gak bakal nyangka kalau dulu SMP dia anaknya rada "brutal". Tapi untungnya "bakat"nya itu tidak keterusan di SMA. Sama seperti Zacki, dulu gak akrab sama sekali. Akrabnya malah pas SMA. Dan diantara sahabat gue semua, cuman dia yang bisa bareng kuliahnya didaerah yang sama.

Sabtu, 17 Juli 2010

KICKFEST 2010 GET REAL! Bandung

Kickfest adalah event tahunan yang paling ditunggu-tunggu buat pecinta clothing lokal tanah air, untuk dikota bandung diadakan di stadion siliwangi dari tanggal 16-18 Juli 2010.

Kemarin gue kesana bareng Yasir, Fitri, Wajan, ama Dilu. Buset antriannya panjang banget buat beli tiket masuk, harga tiketnya 8 ribu rupiah. Tapi buat lu yang gak mau susah, beli tiketnya di calo aja 10 ribu rupiah. Beda 2 ribu doang. 

Rata-rata sale-nya 30%, tapi pengalaman ke kickfest tahun-tahun sebelumnya kalau mau murah belinya pas malam terakhir, pada banting harga semua cuy. Selain festival clothing, lu juga bisa nyaksiin penampilan beberapa band indie lokal yang berkualitas. Pokoknya rugi banget dah kalau ngelewatin event ini, soalnya kapan lagi bisa dapat barang bagus dengan harga miring.