Sabtu, 08 Mei 2010

Lingkungan Pergaulan = "Harga" Anda



Ada sebuah artikel yang saya copy paste dari situs emotivasi.com, bukan bermaksud tidak kreatif. Tetapi menurut gue artikel ini sangat menarik untuk di share ke-semuanya. Ternyata, hal yang sangat sederhana bernilai sangat besar.

Coca-Cola dalam Renungan

Ada 3 kaleng coca cola, ketiga kaleng tersebut diproduksi di pabrik yang sama.
Ketika tiba harinya, sebuah truk datang ke pabrik, mengangkut kaleng-kaleng coca cola dan menuju ke tempat yang berbeda untuk pendistribusian.
Pemberhentian pertama adalah supermarket lokal. Kaleng coca cola pertama diturunkan di sini. Kaleng itu dipajang di rak bersama dengan kaleng coca cola lainnya yang diberi harga Rp.4.000,00.
Pemberhentian kedua adalah pusat perbelanjaan besar. Di sana, kaleng kedua diturunkan. Kaleng tersebut ditempatkan di dalam kulkas supaya dingin dan dijual dengan harga Rp.7.500,00.
Pemberhentian terakhir adalah hotel bintang 5 yang sangat mewah. Kaleng coca cola ketiga diturunkan di sana. Kaleng ini tidak ditempatkan di rak atau di dalam kulkas. Kaleng ini hanya akan dikeluarkan jika ada pesanan dari pelanggan. Dan ketika ada yang pesan, kaleng ini dikeluarkan bersama dengan gelas kristal berisi batu es. Semua disajikan di atas baki dan pelayan hotel akan membuka kaleng coca cola itu, menuangkannya ke dalam gelas dan dengan sopan menyajikannya ke pelanggan. Harganya Rp.60.000,00.
Sekarang, pertanyaannya adalah : Mengapa ketiga kaleng coca cola tersebut memiliki harga yang berbeda padahal diproduksi dari pabrik yang sama, diantar dengan truk yang sama dan bahkan mereka memiliki rasa yang sama?
Lingkungan Anda mencerminkan harga Anda. Lingkungan berbicara tentang RELATIONSHIP.
Apabila Anda berada di lingkungan yang bisa mengeluarkan terbaik dari diri anda, maka Anda akan menjadi cemerlang. Tapi bila Anda berada di lingkungan yang meng-kerdil- kan diri Anda, maka Anda akan menjadi kerdil.
Orang yang sama, bakat yang sama, kemampuan yang sama + lingkungan yang berbeda = NILAI YANG BERBEDA
___________________________________________________________________

Begitu gue selesai membaca aritikel ini, entah ada apa saja yang ada di otak gue. Tiba-tiba semua jadi flashback, bagaimana kualitas pergaulan gue selama ini. Gue sadar, gue banyak bergaul dengan orang-orang yang sangat berkualitas, punya "nilai" diatas rata-rata, dan punya pemikiran yang luar biasa. Tetapi, ternyata kebodohan terbesar gue adalah tidak mampu "memanfaatkan" lingkungan gue ini dengan maksimal. Sekarang gue mengerti tentang pentingnya "Harga" dalam lingkungan, bergitu pula sebaliknya.
*Semoga bermanfaat ^;^

4 komentar:

Erlita Mutia mengatakan...

great, two thumbs ^^d

dwijulya mengatakan...

nice..
saya pernah merasakan perbedaan nilai itu..
:)

geniliveforever mengatakan...

Mulai dr gw tak pernah dpandang sampai tersisih,sampai dianggap ada gw pernah alami i2 zack

ferdiwira mengatakan...

Seep zacky...lanjutkan....