Minggu, 29 Juli 2012

Interview Bersama Reporter Majalah Aneka Yess !



Okay viewer Zaghaa Blogspot, postingan kali ini cukup seru menurut gue. Kalau biasanya seorang reporter nge-interview narasumber, sekarang mari kita jadiin reporter sebagai narasumbernya. Kalau kalian pernah baca postingan gue yang Zaghaa Blogspot di Majalah Aneka Yess dan Tabloid Keren Beken Edisi 9 2012, yap yang nge-review dan interview gue adalah reporter majalah Aneka Yess kelahiran 27 Desember 1989 ini. Namanya Kiky Rizky Suhyar, kita sapa aja Rizky aja kali ya.


Malam kemarin tiba-tiba kepikiran buat bisa nge-interview "beliau" buat blog gue hahahaaa. Langsung aja gue mention di twitter @RizkySuhyar, dan akhirnya dia setuju. Gue selalu terkesan dengan orang-orang yang sepanteran umurnya sama gue, tapi punya pengalaman kerja yang seru dan menginspirasi, salah satu contohnya bung Rizky ini. Nah berikut ini ini hasil interview gue.


Awal mula jadi reporter Aneka Yess !
Awal Mei tahun lalu pengen nyoba magang di majalah remaja karen, sebelumnya udah nyoba di Global TV. Yaudah lah bikin beberapa lamaran untuk majalah remaja, tapi opsi pertama adalah AY! karena letaknya deket dari rumah. Masih inget banget nih, hari selasa bikin lamaran, rabu apply, kamis dipanggil untuk tes dan jumatnya langsung disuruh masuk. Kayak mimpi aja kenapa bisa diterima secepat itu. Katanya sih karena Bu Vivid suka sama tulisan gue. Tiga bulan magang sampe Juli, pas mau keluar nggak dibolehin sama Bu Vivid. Dia mau gue tetep stay dan akhirnya bertahan sampe sekarang. Berarti gue di AY! udah setahun lebih.

Pengalaman berkesan menjadi reporter Aneka Yess !
Hampir semua yang gue lakuin di AY! berkesan, jujur sebenernya kerja di AY! tuh impian dari SMP, secara udah baca majalah ini dari umur 13 tahun, tahun 2003. Bisa wawancara penyanyi internasional, Korea, keliling Indonesia, ke luar negeri, nonton konser dll. Tapi yang paling berkesan adalah pas wawancara Bu Vivid untuk AY! edisi 16 kemarin. Dia nggak mau diwawancarain sama reporter lain, maunya sama gue. Dari situ gue bisa tarik banyak ilmu untuk ngejadiin diri kita lebih bermakna untuk diri sendiri dan orang lain. Amazed aja bisa wawancarain bos sendiri. Padahal deg-degannya setengah mati. Hasil tulisan gue ada di AY! 16 ya.

Suka duka jadi reporter Aneka Yess !
Suka lebih banyak sih, basicly gua hobi nonton gigs, eh Sejak di AY! Cuma beberapa konser yang gua lewatkan. Terus, semua karyawan AY! tuh keluarga buat gue, bisa punya Mama baru, kakak baru, tante baru, om baru. Seruuu deh *secara gua paling muda di sana*.
Dukanya, ketika gue dikasih liputan tapi nggak maksimal ngerjainnya. Itu bener-bener sedih. Gua ngerasa gagal sebgai reporter, untungnya disupport Mbak Adiba yang bilang "kamu masih belajar Ki, wajar, jangan ngerasa gagal. Selalu kasih yang terbaik" kata dia. Berhubung gua orangnya suka gampang ngedown. Jadi ada salah sedikit suka sedih, sampai gua curhat di blog (qqsuhyar.tumblr.com). Untung gua berbekal kata kata Bu Vivid untuk jangan larut dalam kegagalan, sembuhin kesedihan dengan mengaca pada diri sendiri. Kira review apa yang sudah kita lakukan, bikin listnya, coret yang gagal dan bikin list lagi apa yang bakal kita kerjain. Target isba dream. Gitu kata Bu Vivid.

Kesibukan lainnya...
Jujur nih ya, 17 dari 24 jam gua habiskan untuk AY!. Sekarang gua juga nggak hanya merangkap reporter tapi editor online juga. Gua yang bertanggung jawab untuk konten Yess-online.com, Alhamdulilah dikasih tantangan gitu sama Bu Vivid. Jadi ya gua harus fokus ngejalanin semua. Di samping itu gua mungkin lagi belajar bahasa jepang sama korea otodidak, rencana mau kursus sih. Terus ya paling nongkrong atau travelling.

Cita-cita...
Cita-cita terbesar gua adalah menjadi reporter sepakbola. Yap, ini belum bisa gua realisasiin sekarang, mungkin next. Sama mimpi gua yangg baru yaitu kerja di Kedubes Jepang makanya sekarang gencar belajar bahasa Jepang. Gua pengen nyoba sesuatu yang baru, ya semoga ini juga bisa terujud. Amin.

Yang paling pengen di Interview...
Umm, siapa ya? Bingung banget karena hampir semua idol udah gua wawancarain. Mungkin kalau ditanya dalam waktu dekat ini gua bakal jawab band Keane, karena mereka favorit gua.

Point penting yang harus dimiliki seorang reporter...
Bekali dulu dengan sifat tahan banting karena kerja di media itu keras banget. Kita siap terima cacian dan kritikan kalau ada data yang kurang atau tulisan yang salah.
Kedua, harus punya sense jurnalis. Setiap hal apapun yang kita temui harus bisa menjadi sebuah tulisan. Jujur ini belum gua miliki sepenuhnya.
Ketiga, ya harus bisa nulis dong. Ini nggak bisa dibantah lagi.
Keempat, luwes. Kita kan banyak wawancara orang jadi harus luwes dan gampang akrab sama mereka. Jadiin narasumber kita tuh sebagi teman.
Last, aktif dan kretif. Bukan reporter namanya kalau pendiem. Saat rapat redaksi kita harus bisa ngasih ide untuk isi majalah. Jangan cuma nunggu dikasih tulisan aja tapi kita yang ngasih ide tulisan, hehe.

Nah kalau ini adalah pertanyaan ngaco secara random yang ada dikepala gue, yang warna merah adalah jawabannya dia. Mari kita lihat hasilnya hahahaaa....
A. Gue gak pernah bosan dengerin lagu Fallin' Apart - The All American Rejects.
B. Inception adalah film terbaik yang pernah gue tonton.
C. Akan terasa aneh kalau keluar rumah tanpa IPod dan sisir.
D. Orang yang paling pertama di follow di twitter @mameeeng, temen di Malang.
E. Gue punya 10 buah celana jeans !
F. Gue rasa  Jokowi yang layak jadi presiden RI selanjutnya !
G. Dalam 5 kata gue itu manis, cerewet, gampang akrab, jail, dan pelupa.
H. Gue merasa ganteng kalau bangun tidur dan berharap dijalan nanti ketemu mantan pacar.
I. Gak banyak yang tahu kalau gue itu hobi ngupil tanpa tau malu sebenarnya.
J. Jaman SMA gue adalah anak yang pendiem dan kutu bukugak betah kalau nggak bawa buku kemana-mana.

Nah sekian interview gue sama bung Rizky reporter andalan majalah Aneka Yess, terima kasih sudah nyempatin waktunya buat share pengalamannya buat viewer Zaghaa Blogspot. Kita doain semoga sukses terus untuk kerjaannya, Amin. :D

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Kak, kalo untuk magang di majalah gitu, maksudnya bikin contoh tulisan itu gimana ya? artikel gitu kah atau apa?