Minggu, 17 April 2011

10 Film Indonesia Terbaik (Versi Zacky Ghaasali)

10 Film Indonesia Terbaik yang (pernah) saya tonton adalah :

1. Laskar Pelangi
Film yang menyuguhkan kisah anak negeri yang sesungguhnya, yang diangkat dari kisah nyata masa kecil sang novelis fenomenal, Andrea Hirata dan dikemas dengan sangat memukau oleh Mira Lesmana dan Riri Riza.

2. Sang Pemimpi
Sekuel dari film laskar pelangi, yang menurut saya semakin bagus dari sebelumnya. Cerita yang mungkin agak jadul, tapi sangat menarik bagi saya.


3. Ayat-ayat Cinta
Lagi-lagi film yang diadaptasi dari novel terkenal, kali ini karya novelis yang sangat religius yaitu Habiburrahman El Shirazy. Sang sutradara, Hanung Bramantyo sukses mengemas film ini dengan sangat baik sekali dengan pemilihan pemain yang sangat cerdas.


4. Ketika Cinta Bertasbih
Karya novel Habiburrahman El Shirazy, yang kembali di filmkan ini dibuat dalam 2 film agar cerita didalamnya tidak banyak yang hilang. Film yang berlafadzkan islami, yang kebetulan salah satu pemainnya pernah satu karantina dengan saya di pemilihan model majalah Makassar terkini, Andi Arsyil. Dan alhamdulilah saya pernah menginterview Okki Setiana Dewi sang aktris utama, sewaktu beliau menjadi bintang tamu dikampus saya.


5. Petualangan Sherina
Tentu saja film ini sangat teramat berkesan bagi saya, bagi anak-anak di tahun 2000 waktu itu, film ini menjadi alasan kita bisa masuk kedalam bioskop. Karena waktu itu jarang ada film yang membolehkan anak-anak masuk bioskop kalau belum berusia 17 tahun. Kisah bocah cilik Sherina dan Sadam (Derby Romero) yang dikemas dengan soundtrack yang tak akan pernah lekang oleh waktu.


6. Claudia Jasmine
Pembahasannya bisa di klik disini :D



7. Ada Apa dengan Cinta
Masa kebangkitan perfilman indonesia ditandai dengan munculnya film AADC ini, tema remaja yang digambarkan lewat 2 tokoh berbeda karakter, Cinta dan Rangga. Film garapan Rudi Soedjarwo ini sukses dipasaran, dan melambungkan ketenaran hampir semua para pemain didalamnya. Dian Sastro, Nicholas Saputra, Titi Kamal, Ladya Cheryl, Sissy Priscillia, Dennis Adhiswara, dan lainnya.


8. Gie
Film yang digarap sangat serius oleh Riri Riza dan Mira Lesmana, yang diangkat dari kisah hidup seorang aktifis Soe Hok Gie yang penuh intrik. AKting yang sangat memukau dan total dari seorang Nicholas Saputra yang memang sangat selektif memilih peran dan genre film. Anda tidak akan melihat seorang Nico bermain film horor Indonesia atau komedi esek-esek tak jelas khas buatan anak negeri.


9. Radit dan Jani
Hampir semua film yang diperankan Vino G. Bastian bisa mendapat apresiasi para pecinta film tanah air, akting yang total ditambah cerita yang masih dianggap tabu ditengah masyarakat, sanggup dikemas apik oleh seorang Upi Avinto.


10. Lost In Love
Selain saya menonton ini berdua dengan Soulmate saya dulu, cerita yang ringan dan kualitas gambar yang jernih menjadikan film ini cukup bagus buat saya. Boleh dikata memang ini adalah lanjutan cerita dari film Eiffel I'm in Love yang dulu melambungkan nama Samuel Rizal dan Sandy Aulia.

1 komentar:

ardii musriadii mengatakan...

kalo ini sih jempol deh....